PENGERTIAN SYNTAX DALAM LINGUISTIC

Pengertian Syntax Dalam Linguistic mungkin akan sedikit memberikan gambaran kepada semua jika mengacu pada sang pakar atau ahlinya. Kata pembimbing saya mengutip dari Noam Chomsky,
"Syntax is the study of the principles and processes by which sentences are constructed in particular languages. Syntactic investigation of a given language has as its goal the construction of a grammar that can be viewed as a device of some sort for producing the sentences of the language under analysis."(Noam Chomsky, 2002:11)

“Mata pelajaran atau subyek dari prinsip-prinsip dan proses-proses dimana kalimat dibentuk dalam bahasa tertentu. Penelitian syntax dalam sebuah bahasa mempunyai tujuan sendiri dimana susunan grammar yang bisa dilihat sebagai sebuah alat untuk memproduksi/menghasilkan kalimat-kalimat dalam bahasa”

Ada pendapat kedua juga : ‘First and foremost, syntax deals with how sentences are constructed, and users of human language employ a striking variety of possible arrangements of the element in sentences.’

Intinya dari pengertian tersebut adalah syntax mengulas bagaimana kalimat itu dibentuk dan pengguna bahasa menggunakan sebuah variasi yang istimewa yang memungkinkan membentuk elemen dalam kalimat.

Pengertian Syntax

Pusing ya, pengertiannya orang penemu. Pengertian yang lebih sederhana datang dari Matthew, dia mengatakan bahwa “Syntax is derived from a Greek word meaning ‘arrangement’. Syntax berasal dari bahasa Yunanai yang berarti “Susunan”. Susunan ini mempelajari cara-cara dimana kata terbentuk bersama dalam sebuah kesatuan membentuk suatu kesatuan yang lebih besar. Kedudukan kalimat sendiri berdasarkan pemahaman ini merupakan kesatuan terbesar yang bisa diterima dalam linguistic. Intinya adalah para pelajar akan diberikan materi tentang bagaimana kata itu menjadi bentuk lebih besar kemudian berubah menjadi frase, klausa dan terakhir menjadi sebuah kalimat.

Contoh Syntax dalam Linguistic

Untuk mempermudah dalam memahami pengertian syntax dari para penemu, sebaiknya perhatikan contoh berikut ini :

  1. Box
  2. That big box
  3. That big box is very heavy

Kata Box (1) merupakan kata (word), kemudian That big box (2) adalah frase dan yang terakhir (3) merupakan klausa. Karena definisi dari Kata mungkin sudah terlalu jelas, maka mari berlanjut pada Frase (phrase). Frase terbentuk dari beberapa kata dan kemudian akan berkembang lebih besar menjadi sebuah klausa. Dan Klausa adalah gabungan beberapa kata yang mengandung sebuah kata kerja terbatas yang tidak bisa terbentuk dalam keadaan terpisah.

Pengertian Syntax Dalam Linguistic yang mungkin bisa dijelaskan pada postingan kali ini mungkin hanya sedikit. Dan semoga dengan sedikit ini pembaca lebih paham dalam memaknai syntax. Mohon maaf jika terdapat kekurangan dalam pengartian makna dari quote para pakar.

8 komentar:

  1. Saya izin jadiin artikel ini jadi sumber di blog saya ya gan. Ntar saya kasih link nya. Sekalian visit blog saya http://sadlifecoding.blogspot.co.id/
    Makasih gan

    BalasHapus
  2. ok, gak papa asal disebutkan sumbernya ya gan

    BalasHapus
  3. thank, that is very useful :D

    BalasHapus
  4. and by the way itu harusnya "that big box is very heavy" kan box nya cuman satu .. ;)

    BalasHapus
  5. Let me tell you something...

    This may sound pretty weird, and maybe even kind of "supernatural"

    BUT what if you could simply hit "Play" and listen to a short, "magical tone"...

    And INSTANTLY bring MORE MONEY to your life?

    And I'm talking about hundreds... even thousands of dollars!

    Think it's too EASY? Think it's IMPOSSIBLE???

    Well then, I've got news for you..

    Usually the most significant miracles in life are also the EASIEST!

    In fact, I will PROVE it to you by allowing you to listen to a REAL "magical money-magnet tone" I developed...

    YOU simply hit "Play" and watch money coming right into your life... it starts right away...

    TAP here to PLAY the magical "Miracle Wealth Building Sound Frequency" - it's my gift to you!

    BalasHapus
  6. Hmmm, mantap penjelasannya barutahu Pengertian Syntax Linguistik beda dengan sintak programming

    BalasHapus

@templatesyard