PENGERTIAN PIDGIN DAN CREOLE DALAM SOCIOLINGUSITIC

Pengertian Pidgin dan Creole dalam Sociolingusitic sekiranya sedikit membingungkan. Keduanya berkaitan dengan keberadaan bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kali ini pembimbing saya menjelaskan secara detail tentang definisi dari Pidgin dan Creole itu sendiri. Saya akan memberikan kesimpulan dari detail penjelasan pertemuan dalam kelas tersebut.

PENGERTIAN PIDGIN

Pidgin sendiri dalam sociolinguistic adalah pencampuran dua bahasa atau lebih yang bisa dimengerti dalam kelompok-kelompok tertentu. Kata dari kelompok tertentu ini bisa sebuah organisasi, sebuah geng, perkumpulan resmi atau semacamnya.

Contoh Kasus :

Pidgin dan Creole dalam kehidupan masyarakat
Sample ini dijelaskan secara sederhana adalah ketika masyarakat Jawa Timur dengan bahasa Jawa bertemu dengan masyarakat Bandung dengan bahasa Sunda. Mereka berkumpul dalam sebuah koperasi dan sering bertemu setiap seminggu 3 kali. Dengan intensitas yang sangat lama akhirnya kedua bahasa (Jawa dan Sunda) bercampur menjadi satu bahasa dalam percakapan setiap terdapat komunikasi dalam koperasi tersebut. Meskipun kedua bahasa tersebut bercampur akan tetapi keduanya tidak bisa secara lancar memahami keseluruhan tentang bahasa selain bahasa ibunya sendiri. Orang Jawa Timur yang berada di koperasi tersebut bisa memahami beberapa kata bahasa Sunda yang di ucapkan orang Bandung, akan tetapi tidak bisa menguasai semua bahasa Sunda. Demikian pula sebaliknya.

Kesimpulan dari contoh di atas adalah penggabungan bahasa tersebut merupakan Pidgin dalam pelajaran Sociolinguistic. Pidgin hanya bisa dipahami dalam organisasi (koperasi) tersebut. Belum tentu orang yang berada di luar organisasi tersebut mengerti apa yang diucapkan dari perkataan anggota organisasi ketika sedang berkomunikasi. Sifat Pidgin ini adalah salah satu bahasa akan menjadi sangat dominan tergantung dari siapa yang sering berbicara atau berkomunikasi dengan bahasa ibu (daerah) nya. Dan yang tidak berani atau tidak sering bicara akan menjadi pasif dan kurang dominan.

PENGERTIAN CREOLE

Creole adalah pidgin dalam sekup atau ruang yang cukup luas. Jika dalam pidgin hanya organisasi tertentu saja maka Creole adalah penggabungan beberapa bahasa dan kemudian menimbulkan bahasa baru dalam masyarakat untuk generasi selanjutnya. Untuk Creole ini saya kira cukup jelas penjelasannya tentunya sudah memahami pidgin terlebih dahulu. Pembentukan creole sendiri sangat lama dalam tatanan masyarakat. Untuk contoh kecilnya adalah ketika seorang bule Amerika dengan English America menikah dengan orang Indonesia dengan bahasa Indonesia. Anaknya akan mendapatkan dua bahasa sekaligus dalam komunikasi sehari-harinya, secara tidak sadar pula setelah bertahun-tahun dan beranjak dewasa tercampurlah dua bahasa dari ayah dan ibunya sehingga menampilkan bahasa baru.

Pengertian Pidgin dan Creole dalam Sociolingusitic sendiri akan sangat menarik dipelajari lebih dalam. Meneliti bahasa asal dari suatu organisasi atau bahkan suatu kota besar dengan cara memilih dan memilah dari mana bahasa tersebut datang dan bagaimana proses pembentukannya merupakan tantangan tersendiri dengan obserfasi tentunya tidak sebentar. Semoga penjelasan singkat kali ini akan bisa dipahami. Kritik dan saran sangat diperlukan untuk memperbaiki lagi konten yang ada di blog ini. Terima Kasih.

7 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It is in fact the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh on average 19 kilos lighter than we do.

    (And by the way, it really has NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING about "HOW" they are eating.)

    P.S, What I said is "HOW", and not "WHAT"...

    TAP on this link to discover if this quick quiz can help you find out your real weight loss potential

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Terima Kasih sudah mampir d blog sederhana saya. Semoga membantu.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih sekali, ini sedikit ilmu yang bisa saya share.

      Hapus
  4. Ini sangat membantu y😊 ngerjakan tugas di masa pandemi ini 😁

    BalasHapus

@templatesyard